Cara Mendaftar Merek Usaha Sangat Penting Untuk Kita ketahui

Posted on

Cara Mendaftarkan Merek Usaha Sangat Penting Untuk Diketahui Untuk Para Pengusaha Ataupun Calon Pengusaha Sebab Bisa Menolong Untuk Melindung Produk Ataupun Bisnis dari penyalahgunaan berbentuk plagiasi ataupun pemalsuan yang ingin mengeruk profit dari bisnis Kamu yang telah ngetop ataupun mendompleng kepopuleran. Secara umum yang dimaksud Merek ialah identitas bisnis yang mencakup logo perusahaan, symbol-simbol yang menjadikan produk nampak unik serta lain dibanding yang lain, dan Merek produk. Harus diketahui pemalsuan dari satu paten Merek oleh pihak lainnya bisa dituntut menggunakan jarlur hukuman dendan dari 200 jt rupiah sampai dengan 1 milyar.

Sesuai petunjuk disini, Merek dagang bersumber dari hukum kebiasaan serta hukum pedagang untuk memberikan keunikan ataupun karakter tersendiri pada produknya untuk menjadi hak yang sah untuk pedagang. Tujuannya ialah untuk melakukan pencegahan pengusaha yang lain tidak mem-plagiat sebuah produk. Pengakuan dari merek dagang di Inggris sudah dimulai dari tahun 1656 sesuai Clothiers’s Case.

Pendaftaran Merek

Di tanah air sendiri pengakuan atas Hak Kekayaan Intelektual juga paten Merek sudah ada dari tahun 1840 yakni masa pemerintahan Kolonial Belanda. Kabar buruknya sampai sekarang kesadaran di pengusaha Indonesia untuk mendaftar dan mematenkan Merek bisnisnya dengan memberikan sample hak paten Merek kepada Ditjen HKI masih kurang. Yang masih tetap jadi prioritas utama untuk para pebisnis yang masih baru ini ialah melaksanakan bisnisnya lebih dulu sampai maju. Ini tidak sama dengan para pebisnis di Amerika ataupun pun Eropa yang segera mematenkan Merek bisnisnya malah semenjak permulaan memulai bisnisnya. Para  pengusaha lokal kerapkali kelimpungan jika produknya akhirnya diplagiasi oleh  orang lain ketika telah  ngetop tanpa bisa menuntutnya yang menggunakan sistem hukum. Ini sebab mereka tidak punya sertifikat HKI alias Hak Kekayaan Intelektual dari merek bisnisnya itu. Jadi intinya meskipun bisnis yang Kamu rintis masih didalam tingkat kecil sebaiknya dari awal daftarkan Merek Kamu pada Ditjen HKI.

Cara mendaftarkan Merek usaha di Indonesia berpedoman kepada  UU Merek No.15 tahun 2001, yakni:

Inilah informasi dengan memeriksa Merek dagang untuk tahu apakah nama Merek ataupun usaha yang ingin kita daftarkan sudah dipakai oleh pengusaha yang lain atau belum. Jika memang telah dipakai artinya bahwa Kamu musti mencari Merek yang lainnya. Jika tidak jelas pengajuan Kamu bakal ditolak lalu ini mempunyai arti pemborosan waktu, tenaga, serta materi. Untuk menjalankan pencarian ini Kamu dapat menghubungi konsultan kami Selanjutnya Kamu dapat menyertakan contoh Merek dagang untuk usaha Kamu ketika mendaftarkan kepada Ditjen HKI.

Mengunjungi Ditjen HKI Kementrian Hukum dan HAM RI lewat perwakilan wilayah di masing-masing daerah.

Pemohon selanjutnya mengisi form yang sudah di sediakan dan diketik rangkap 4. Selanjutnya ialah menanti penerbitan hak Merek jika proses pendaftaran tuntas dilakukan dan melampirkan semua kelengkapan yang diminta. Jika tidak ada keberatan ataupun klaim dari orang lain. Kamu bakal mendapatkan sertifikat dari HKI mengenai paten Merek bisnis Kamu. Nah, demikianlah sejumlah hal yang penting untuk Kamu tahu mengenai cara mendaftarkan Merek usaha untuk Kamu yang ingin merintis jadi pebisnis. Lebih jauh tentang informasi ini kunjungi http://www.pendaftaranmerekdagang.com/pendaftaran-hki-online/

Leave a Reply

Your email address will not be published.