Puncak Sempur

Liburan Akhir Pekan di Karawang, Wajib Mampir ke Puncak Sempur

Posted on

Karawang rupanya punya 1 destinasi hits, yang panoramanya juara. Puncak Sempur, menjadi lokasi yang pantang dilewati bila libur akhir pekan ke Karawang. Kalau dengar Kota Karawang pasti yang terbesit penghasil beras atau goyang Karawang. Namun rupanya, ada kecantikan alam rahasia di Karawang ialah Puncak Gunung Sempur. Pegunungan yang cantik serta hijau ini dapat membuat pikiran menjadi segar kembali.

Pegunungan ini berada di Sekitar Loji, Kabupaten Karawang. Rute yang didatangi yaitu sekitar 1 jam dari Kota Karawang melintasi jalur Badami menuju Bursa Loji. Sampai di perempatan Pasar Loji akan terdapat papan petunjuk.

Ambil rute kanan ikuti papan petunjuk menuju Pariwisata Gunung Sangga Buana, lalu belok kiri usai ada tabel petunjuk Pariwisata Gunung Sangga Buana. Ikuti akses yang berkelok- kelok dan naik turun. Memang memacu adrenalin buat yang hobi petualangan naik motor!

Setelah hingga obyek wisata Sangga Buana, kita masih harus naik kembali ke atas, sebab puncak Sempur berada di ujung. Meskipun ketinggiannya cuma sekitar 712 mdpl, namun buat yang suka adventure cocok sekali dan panorama dari puncak ini jawara deh buat menyembuhkan kepenatan selesai bekerja.

Jalurnya cukup mudah sebab jalan besar hanya 1 dan di tiap pertigaan ada papan petunjuk. Jalanan pun termasuk sudah baik cuma perlu hati-hati sering ada renovasi jalan. Oh iya, selesai sampai di puncak bakal ada pos pemberhentian untuk parkir. Biaya parkir Rp 5.000 bagi motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Namun untuk masuk ke daerah puncak, Anda musti membayar lagi Rp 10.000 per orang.

Tempat ini sering dijadikan lokasi camping ataupun acara perkumpulan dan pastinya bagi Anda yang menyukai berselfie di atas puncak.  Ada muda-mudi yang datang di siang hari, hingga saran saya baiknya datang lebih pagi, sebab udara masih fresh dan panorama jauh lebih asri.

Memang petualangan kali ini betul-betul memberi kesegaraan tertentu. Karena ketika melihat kota dari atas dan hawa dingin juga sejuk, menjadikan kita betah berlama-lama berada di Puncak Sempur ini.  Dari atas ini pun bisa melihat Kota Bogor dan Cianjur loh.

Disini juga ada warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, atau sekedar untuk lokasi melepas lelah sebelum menuju puncak. Tetapi menurut saya pribadi lokasi sebagus ini tetap butuh waktu Pemda disana karena jalanan yang terbilang belum semua di aspal, dan kurangnya tempat sampah. Sayang bukan kalau nanti Puncak Sempur itu jadi primadona terbaru tapi banyak sampahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.